Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi

Taman Laut BunakenBunaken adalah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia, yang merupakan sebuah pulau seluas 8,08 km di Teluk Manado, utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini dapat di tempuh dengan speedboat atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Disekitar pulau terdapat Objek Wisata Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Objek Wisata Taman Laut Bunaken ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Adanya fasilitas scuba diving mampu menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan, Objek Wisata Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 ha dengan 5 pulau yang berada di dalamnya, yakni pulau Manado Tu, pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 72.265 ha, lokasi penyelaman terbatas di masing-masing yang mengelilingi pulau itu.

Objek Wisata Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 m. Dari 20 titik selam, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan dibawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Objek Wisata Taman Laut Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding Karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.